Absolut dan Relative Path pada Link

Dika
Written by Dika on

Hallo kawan, 2016 sebentar lagi mau datang nih.. masih tetap jomblo kah? haha gak deng canda.. tenang aja, saya juga masih jomblo di bulan sekarang, semoga ntar 2016 dapet pacar :v oh ya skip dengan masalah jomblo nya dulu sebentar.. waktu itu seorang teman saya sedang kebingungan bedanya antara absolut path dengan relative path, nah kali ini saya akan membahas sejenak dalam postingan ini tentang bedanya absolut path dengan relative path.

Nah untuk membedakan ke duanya adalah sebagai berikut :

Absolut Link (Path Absolut)

Path absolut adalah jalur yang mengacu pada lokasi yang sangat spesifik, termasuk nama domain. Absolut path menuju elemen web sering juga disebut sebagai URL. Sebagai contoh, absolut path ke halaman artkel di blog ini adalah :

http://blog.dika.web.id/2015/12/surface.html

Biasanya kita menggunakan absolut path dengan nama domain untuk menunjuk ke elemen situs yang ada di domain lain.

Relative Link (Path Relative)

Path relatif adalah jalur yang berubah tergantung pada lokasi halaman link berada. Ada beberapa aturan untuk membuat link menggunakan path relatif, diantaranya :

  • Link di direktori yang sama seperti halaman saat ini tidak memiliki informasi path yang tercantum.
    filename.css
  • Sub-direktori yang tercantum tanpa garis miring sebelumnya.
    css/filename.css

Sebuah link relative/ relative path hanya dapat digunakan saat menghubungkan sebuah file yang masih berada di dalam sebuah situs web, ketika sumber dan tujuan berada di bawah nama domain yang sama.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menuliskan relative adalah jika link relative dimulai dengan tanda slash "/" (Tanda garis miring tanpa tanda petik), itu berarti jalan dimulai dari ROOT situs, dan jika karakter pertama bukan tanda slash ("/"), path hanya berlaku ke folder saat ini.

 

Sebagai contoh perbedaan pemakaian, lihat pada gambar di bawah :

Screenshot Studio capture #99

Nah, sekian dulu postingan kali ini.. semoga bermanfaat.. maaf bila ada salah maksud yang saya sampaikan, karena disini saya sedang sama sama belajar :D see yaa..

Comments

comments powered by Disqus