Deploy Wordpress ke Heroku

Halo bro, kali ini saya akan memposting artikel gimana sih cara nge-hosting WordPress pada Heroku. Ini akan membutuhkan prosedur yang sama seperti yang terlibat dalam mendirikan aplikasi PHP, bersamaan dengan itu kita akan mengkonfigurasi aplikasi kita untuk bekerja dengan database, yang juga disediakan oleh Heroku yaitu ClearDB(database MySQL).

deploy-wordpress-on-herokuCatatan: Tutorial ini tidak menunjukkan bagaimana bermigrasi blog Anda yang ada untuk di deploy ke Heroku.

Ayo kita mulai, disini saya akan memberikan tutorial secara instant dan rada banyak ngetik dikit :D Oh iya, daftar dulur di Heroku nya bro..

Nah kalo udah mari kita mulai, dengan cara pertama..

Deploy ke Heroku pake Button Heroku

Kamu bisa buat sendiri WordPress dengan menggunakan tombol Heroku bawah :

Udah gitu, silahkan isi konfigurasi username, password untuk login ke halaman wordpress kamu..

Deploy ke Heroku pake Command Line

Dan ini untuk cara keduanya bro, kalian harus udah download dulu apps heroku-toolbelt nya:

  1. Download for Windows
  2. Download for Mac Os X
  3. Download for Ubuntu/Debian

nah udah gitu install dulu GIT nya kalo belum pernah di install, kalo yang belum tau apa itu git. bisa lihat dulu postingan saya sebelumnya tentang Apa Itu Git? kalo udah pernah install, yo mari kita ke langkah selanjutnya :D

  1. Clone repository
      git clone https://github.com/ferdhika31/Heroku-Wordpress.git
  2. Buat Aplikasi Heroku
      cd wordpress && heroku create nama-aplikasi
  3. Install Plugin CleadDB
      heroku addons:add cleardb:ignite
      
  4. Install Plugin New Relic
    heroku addons:add newrelic:stark
  5. Install Plugin SendGrid
    heroku addons:add sendgrid:starter
  6. Deploy aplikasi ke Heroku
    git push heroku master
  7. Buka aplikasi heroku ke browser :
    heroku open
  8. Buat user admin dan passwordnya
  9. Done :)

Nah gimana, lancar jaya ga? :D kalo ngga bisa di isi formulir komentar nya :D
Untuk live demo bisa di liat di : https://dika-wp.herokuapp.com/
Semoga bermanfaat, sampai jumpa :))

 

Source : Techlila & Technomile