Templating Email

Dika
Written by Dika on

Wah gak kerasa, 2021 udah mau abis aja. Pandemic seperti kaya baru aja terjadi kemaren (padahal udah banyak ngelaluin banyak hal 2 tahun ini haha). Oh iya sesuai judulnya, kali ini saya pengen ngepost tentang templating template buat email. Udah lama juga nih saya gak posting-posting lagi di blog ini. Mumpung sekarang lagi ada mood, saya baru aja dapet tiket backlog buat ngebikin template buat email, dan bakal dibikin buat base templating kedepannya.

Disini saya dapet saran dari temen kantor, katanya pake mjml. Okeh, kali ini saya dapet hal baru setelah sekian lama kalo bikin template tuh pake template bawaannya laravel + custom dikit dan apapun frameworknya, saya suka nyontek punya laravel haha.

Oke, udah ada yang tahu tentang mjml. Makhluk ini udah lumayan lama ada di internet, dari 2015 ternyata. Nah apa sih kelebihannya daripada kita bikin manual sendiri daripada ngebikin html dari 0? ini mungkin beberapa aja, soalnya banyak bet.

  1. responsive
  2. udah ada template yg bisa di pake
  3. reusable component (ini sih yg enak, kita bisa bikin header footer yg bisa di reuse)
  4. component nya banyak, salah satu contohnya kita bisa nyisipin chart di email
  5. dan masih banyak lagi

Nih contohnya pas saya lagi develop pake mjml ini: MJML Preview

Oh iya, untuk bisa di preview kaya gini. Kita bisa pake text editor VS Code, Sublime, atau Atom.

Nah segitu aja sih sharing nya, semoga bermanfaat.

Kalo mau nyicip framework yang satu ini, boleh nih langsung aja ke TKP nya di mjml.io disana udah lengkap banget buat dokumentasinya.

Comments

comments powered by Disqus