Perintah Surface Pada Geogebra 5

Haloo, udah lama nih ga ngepost lagi semenjak 1 bulan terakhir kemaren, rasanya blog ini mulai banyak sarang laba2 haha. Oh iya, mumpung hari ini ada tugas Geogebra dan tugasnya memahami fungsi Surface dan Curve. Nah untuk kali ini saya akan memposting tentang fungsi Surface terlebih dahulu, dan untuk curve mungkin saya akan posting lain kali.

geogebra
Surface yang dalam Bahasa Indonesia diartikan "permukaan" merupakan batasan kontinyu yang membagi ruang tiga dimensi menjadi dua wilayah.

Perintah "Surface" di GeoGebra mempunyai format dasar sebagai berikut:
Surface[, , , , , , , , ].

Secara umum perintah tersebut mempunyai tiga kategori dasar, seperti berikut:

  • Surface
    Merupakan kata perintah yang memberikan komando kepada program untuk membuat sebuah permukaan
  • Expression
    Format ini berisi ekspresi matematika yang akan divisualisasikan dan terdiri dari tiga ekspresi yang secara default mewakili urutan koordinat dari sumbu x, y dan z.
  • Parameter
    Format ini terdiri dari dua bagian yang merupakan penterjemah dari ekspresi matematika yang digunakan sehingga perintah dari ekspresi matematika dapat didefinisikan oleh program GeoGebra dalam batasan yang ditentukan. Parameter yang harus dimasukkan ada dua dan bebas menggunakan parameter apa saja kecuali x,y dan z.

Sebagai contoh membuat corong pada geogebra:

Surface[a cos(b), a sin(b), a, a,0, 10, b, 0, 2π]

Perintah diatas membuat sebuah permukaan yang formatnya tersusun dari 3 ekspresi : a cos(b), a sin(b), a.

Karena ekspresi matematikanya menggunakan parameter yang menyesuaikan agar ekspresi dapat diterjemahkan oleh geogebra, sehingga parameter ditulis a, 0, 10 dab b, 0, 2π. Berarti a mempunyai batas 0 sampai 10 untuk panjang garisnya, dan b mempunyai batas 0 sampai 2π untuk membuat permukaan dari garis bertamu dengan garis yang posisinya sama.

Hasil dari contoh diatas akan menghasilkan gambar seperti berikut :

Screenshot Studio capture #97

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat.. mohon maaf bila ada kesalahan tentang postingan ini..

 

Ref : http://www.geogebra.org/wiki/en/Surface_Command