Ionic Mobile Framework + Codeigniter 3 CRUD

Dika
Written by Dika on

Halo bro, udah lama nih ga posting lagi.. setelah sekian lama saya di landa galau, dan akhirnya kini saya nongol lagi.. oke nih lanjut lagi nge mobile lagi, mumpung saya sekarang dapet kerjaan buat apps mobile di Bara, sekarang saya mau buat tutorial nya nih.. Disini saya memakai Ionic Framework dan CodeIgniter 3 untuk backend nya..

ionic_dik

Nah untuk tutorial install Ionic Framework ini, kalian bisa lihat postingan saya sebelumnya di Instalasi Ionic Pada Windows 7

Ohiya, karena di postingan sebelumnya saya belum menjelaskan struktur yng ada dalam ionic, saya akan menjelaskan sedikit tentang strukur folder yng penting dalam Framework satu ini..

RPL4rt Studio capture #24
Struktur Folder Ionic Framework tabs

Silahkan edit di folder www dalam projectnya. disitu ada index.html, app.js dan file2 java. Untuk IDE saya memakai Sublime Text 3.

-  Penjelasan tentang file di folder js pada Ionic.
  1. app.js
    Digunakan untuk membuat route dan menentukan template mana yng akan di pilih untuk menuju kesana.. ibarat kita mau ke kampus, pilih rute mana yang akan kita gunakan dan naik kendaraan apa untuk menuju kesana. kurang lebih seperti itu. (Kampus = Url, Kendaraan = Template)
  2. service.js
    Digunakan untuk layanan berbasis http yang kemudian akan dilanjutkan ke controller, dalam project, saya menggunakan PHP dan MySQL untuk mencetak json yang kemudian akan di parsing di service.js
  3. controller.js
    Digunakan sebagai controller template/ mengirim hasil parsing dari service.js untuk dikirim ke template.

Oh iya, mungkin pada postingan selanjutnya saya akan terangkan tentang struktur folder yng ada pada ionic.. next time =))

Screen Shot 2015-07-10 at 10.56.44
1. Menambah Buku Tamu

2.
2. List Buku Tamu

3. Detail Buku Tamu
3. Detail Buku Tamu

4. Form Update Buku Tamu
4. Form Update Buku Tamu

5. List Delete Buku Tamu
5. List Delete Buku Tamu

Nah gimana? tertarik ga dengan mobile framework yng satu ini? lumayan lah bisa buat aplikasi di 2 platform dengan satu kali pembuatan.. :3

Untuk compile apk nya, mungkin next time akan di lanjutkan di postingan selanjutnya.. :D stay aja di blog ane gan :p

Link Download : Crud Ionic + Code Igniter 3

Oke, udah siang nih.. waktu blogging sudah selesai.. sampai jumpa di postingan selanjutnya xD

Comments

comments powered by Disqus